A Filosofia da Precaução como eixo orientador da educação em CTS
PDF ()
HTML (Español (España))

Palavras-chave

Ciencia-Tecnología-Sociedad
Principio de Precaución
Educación CTS

Como Citar

Giri, L. A. (2019). A Filosofia da Precaução como eixo orientador da educação em CTS. Ciencia, Docencia Y Tecnología, 30(58 may-oct), 241–266. https://doi.org/10.33255/3058/434

Resumo

O presente trabalho propõe, diante da complexidade temática da área transdisciplinar Ciência-Tecnologia-Sociedade (CTS), um eixo orientador capaz de estruturar um espaço curricular como o proposto na Cidade de Buenos Aires sob o nome «Problemas Científicos de Impacto Social». Este eixo gira em torno de uma série de tópicos de discussão filosófica desencadeados pela premissa denominada Principio da Precaução (PP), relevantes para a formação dos cidadãos. A análise desses tópicos conforma um programa de pesquisa que denominamos «Filosofia da Precaução». A relevância da proposta feita pela Cidade de Buenos Aires para o ensino de cts será analisada e será mostrado como o eixo proposto é capaz de atender aos requisitos exigidos pelo seu Ministério da Educação. Também se avalia o referencial teórico utilizado pelo Ministério para fundamentar o espaço curricular em discussão e mostra-se como a Filosofia da Precaução é compatível com esse referencial e até mesmo superior.

https://doi.org/10.33255/3058/434
PDF ()
HTML (Español (España))

Referências

ADORNO, T., HORKHEIMER, M. (1998). Dialéctica de la ilustración: fragmentos filosóficos. Madrid: Trotta.

ALBORNOZ, M., KREIMER, P., GLAVICH, E. (1996). Ciencia y sociedad en América Latina. Bernal: Universidad de Quilmes.

BECK, U. (1992). Risk Society: Towards a New Modernity. London: Sage.

BIJKER, W. (2005). ¿Cómo y por qué es importante la tecnología?, en Redes, 11(21): 19-53.

CORTASSA, C. (2010). El aporte de la Teoría de las Representaciones Sociales a los estudios de Comprensión Pública de la Ciencia, en Ciencia, Docencia y Tecnología, XI(40): 9-44.

DRUCKER, P. (2004). Post-Capitalist Society. New York: Routledge.

ESTÉBANEZ, M.E. (2007). Ciencia, tecnología y políticas sociales, en Ciencia, Docencia y Tecnología, VIII(34): 13-63.

FEENBERG, A. (2012). Transformar la tecnología. Bernal: Universidad de Quilmes.

FEYERABEND, P. (2001). Cómo defender a la sociedad de la ciencia, en Revista de la Universidad Bolivariana, 1(1): 1-8.

FULLER, S. (1997). Constructing the High Church-Low Church Distintion in STS Textbooks, en Bulletin of Science, Technology & Society, 17(4): 181-183.

FUNTOWICZ, S., RAVETZ, J. (1994). The Worth of a Songbird: Ecological Economics as a Post-Normal Science, en Ecological Economics, 10(3): 197-207.

GALIETA NASCIMENTO, T., VON LISSINGEN, I. (2006) Articulações entre o enfoque CTS e a pedagogia de Paulo Freire como base para o ensino de ciências, en Convergencia, 13(42): 95-116.

GARDINER, S. (2006). A Core Precautionary Principle, en Journal of Political Philosophy, 14: 33-60.

GERENCIA OPERATIVA DE CURRICULA DEL MINISTERIO DE EDUCACION DE LA CIUDAD DE BUENOS AIRES (2015). Diseño curricular: ciclo orientado del bachillerato de ciencias naturales. Ministerio de Educación de la Ciudad de Buenos Aires. Disponible en < http://www.buenosaires.gob.ar/sites/gcaba/files/nes-co-cs-naturales_w_0.pdf >. [15 de mayo de 2017].

GÓMEZ, R. (2014). La dimension valorativa de las ciencias: hacia una filosofía política. Bernal: Universidad de Quilmes.

GORDILLO, M., OSORIO, C., LÓPEZ CEREZO, J.A. (2000). La educación en valores a través de CTS. Organización de Estados Iberoamericanos. Disponible en <http://www.oei.es/salactsi/mgordillo.htm > [15 de mayo de 2017].

KREIMER, P. (2007). Estudios Sociales de la Ciencia y la Tecnología en América Latina. ¿Para qué? ¿Para quién?, en Redes, 26: 55-64.

LÓPEZ CEREZO, J.A. (1998). Ciencia, Tecnología y Sociedad: el estado de la cuestión en Europa y Estados Unidos, en Revista Iberoamericana de Educación, 18: 41-68.

LÓPEZ CEREZO, J.A. (2017). Cultura científica: paradigmas, tendencias y crítica social. (pp. 13-32). En MIGUEL, H., et al. (eds.). Ciencia, tecnología y educación: miradas desde la filosofía de la ciencia. Montevideo: Byblos.

LYOTARD, J.F. (1987). La cuestión posmoderna. Madrid: Teorema.

MIGUEL, H. (2016). Perspectivas en Ciencia y Tecnología en Sociedad: de las herramientas a los riesgos, en Tecnología & Sociedad, 5: 25-54.

MIGUEL, H. (2017). Conocimiento científico, disenso razonable y formación ciudadana. (pp. 33-52). En MIGUEL, H., et al. (eds.). Ciencia, tecnología y educación: miradas desde la filosofía de la ciencia. Montevideo: Byblos.

MITCHELL, M. (2009). Complexity: A Guided Tour. New York: Oxford University Press.

NANDA, M. (2002). Breaking the Spell of Dharma and Other Essays. New Delhi: Three Essays Press.

NOLA, R., IRZIK, G. (2005). Philosophy, Science, Education and Culture. Dordrecht: Springer.

ROBIN, M.M. (2010). The World According to Monsanto: Pollution, Corruption and the Control of the World’s Food Supply. New York: The New Press.

RUSSELL, B. (1977). Education and the Social Order. London: Unwin Paperback.

SANDIN, P. (1999). Dimensions of the Precautionary Principle, en Human and Ecological Risk Assessment: An International Journal, 5(5): 889-907.

SNOW, C. (2000). The Two Cultures. New York: Cambridge University Press.

STEEL, D. (2015). Philosophy and the Precautionary Principle: Science, Evidence, and Environmental Policy. Cambridge: Cambridge University Press.

SUNSTEIN, C. (2005). Laws of Fear: Beyond the Precautionary Principle. New York: Cambridge University Press.

TORO, B., TALLONE, A. (2010). Educación, valores y ciudadanía. Madrid: Organización de Estados Iberoamericanos.

VON LISSINGEN, I. (2008). Perspectiva educacional CTS: aspectos de um campo em consolidação na América Latina, en Ciência & Ensino, 1(1): 1-19.

WEINBERG, A. (1972). Science and Trans-Science, en Minerva, 10(2): 209-222.

 Os autores detêm os direitos autorais e concedem ao periódico o direito de ser a primeira publicação do trabalho, bem como licenciando-o sob uma Creative Commons Attribution License que permite que terceiros compartilhem o trabalho com um reconhecimento da autoria do trabalho e inicial da publicação nesta revista. Todo o conteúdo é publicado sob a licença internacional Creative Commons 4.0: Atribuição-Não-Comercial-Compartilhamento pela mesma.

Downloads

Não há dados estatísticos.

##plugins.generic.paperbuzz.metrics##

##plugins.generic.paperbuzz.loading##
jaytoto bocorkan tips menang scatter yang bikin asisten dapur di makassar auto kaya pegawai laundry di pontianak beli iphone baru setelah main game bareng jaytoto barista di bandung main game pakai pola jaytoto dapat thr sebulan sebelum lebaran freelancer video editor bisa liburan ke bali berkat spin turbo jaytoto jaytoto ubah nasib guru honorer lewat trik bermain game yang tak banyak tahu pegawai honorer gunakan pola spin jaytoto dan dapat kejutan 3 digit jaytoto jadi penolong mahasiswi yang kehabisan biaya kuliah lewat scatter jitu pelayan kedai kopi menang game beruntun pakai spin turbo rahasia dari jaytoto anak kosan main game ala jaytoto dan bangga beli tv baru dari uang sendiri admin gudang di tangerang bisa cicil motor setelah ikut pola scatter jaytoto tukang ojek pangkalan menang besar setelah terapkan cara menang ala jaytoto satpam mal di manado main game pakai tips jaytoto dan beli hp baru besoknya pegawai retail di bogor menang besar lewat tips pola spin jaytoto yang disimpan 3 tahun mahasiswi kost di yogyakarta pakai spin turbo jaytoto dan langsung dapat rp88 juta mahasiswa semester akhir dapat rp132 juta gara gara spin turbo dari jaytoto jaytoto bongkar trik bermain game biar scatter nempel tiap 7 menit jaytoto bantu ibu dua anak di bekasi lunasi cicilan lewat scatter satu kali putaran freelance desain di bali bikin game jadi atm kedua berkat pola spin jaytoto jaytoto punya pola spin yang bikin mahasiswa di surabaya dapat uang jajan tak terbatas tukang ojek pangkalan menang besar setelah terapkan cara menang ala jaytoto trik bermain ape77 buat penjual nasi padang untung lebih dari omzet harian ibu toko kelontong di riau dapat tambahan belanja mingguan gara gara spin turbo ape77 beri pola spin efektif yang bikin penjual martabak ketagihan menang tukang sate keliling ubah nasib lewat scatter game yang dituntun oleh ape77 penjual es teh pinggir jalan di aceh dapat rp115 juta karena pola spin ape77 trik bermain ape77 buat penjual nasi padang untung lebih dari omzet harian pemilik laundry kecil di denpasar pakai pola scatter ape77 dan cuan terus ape77 bantu peternak kambing di banyumas dapat untung tambahan lewat pola spin ibu pemilik warung kopi menang game beruntun setelah ikuti tips ape77 ape77 beri trik spin yang bikin tukang tambal ban dapat 6 digit pertama kalinya petani sayur di wonosobo panen rezeki lewat scatter ala ape77 penata rias di bali beli kamera baru setelah coba pola scatter ape77 penjaga perpustakaan pakai spin turbo ape77 dan dapat scatter tiap hari cleaning service di jakarta dapat hadiah rp85 juta lewat pola spin ape77 pekerja event organizer di solo auto untung gara gara trik spin turbo ape77 anak smk coba game ala ape77dan dapat uang saku lebih dari rp1 juta ape77 ubah pola hidup montir bengkel di depok lewat scatter 2x berturut mahasiswa magang terapkan tips bermain dari ape77 dan dapat bonus mingguan ibu kantin sekolah menang game 3 hari berturut karena terapkan pola spin ape77 cahyadi pemuda asal kota surabaya mendapatkan x5000 di permainan gates of olympus daftar dengan akun-baru-di-scatter911-akana-mudah-mendapatkan-maxwin pola bermain mahjong ways 3 dengan pola racikan ngacir dari scatter911 scatter911 menghadirkan basis engine gates of olympus dengan perkalian tertinggi tips trik dari scatter911 agak mendapatkan perkalian serta kemenangan maximal di gates of olympus tukang cukur rambut memenangkan x1000 di sweet bonanza hanya dengan bermodalkan kecil trik bermain gacor di sweet bonanza super scatter untuk para pemula bermain di situs sweet bonanza 1000 terbaik scatter911 akun baru pasti wede jika bermain sweet bonanza di server thailand pasti akan mendapatkan perkalian x1000 hanya dengan isi sedikit saldo di akun anda sudah bisa wede selangit di scatter911 dandi sudah membuktikan keindahan putaran permainan slot hanya di scatter911 kevin seorang pemuda lulusan smk sudah bisa mendapatkan gaji setara dengan dpr di scatter911 seoarang ibu penjaga warung mendapatkan rejeki nomplok dengan satu klik di scatter911 gates of olympus 1000 memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk menjadi dpr hanya di scatter911 mendapatkan scatter hitam di mahjong wins 3 sangat mudah daftar dengan akun baru di scatter911 pasti auto wede besar seorang ibu rumah tangga di solo mendapatkan perkalian max di starlight princess seoarng kakek bermain mahjong ways menang hingga 832 juta rupiah dibayar lunas oleh scatter911 scatter911 membagikan tips trik pola bermain gates of olympus di 2025 agar menang maksimal joko asal banten bermain di gates of olympus kena perkalian x1000 langsung mendapatkan jakpot