Creativity and Science. A biographical study of Argentine scientists
PDF ()

Keywords

Argentine scientists
creative systems
knowledge production
innovation
science and technology

How to Cite

Elisondo, R. C. (2015). Creativity and Science. A biographical study of Argentine scientists. Ciencia, Docencia Y Tecnología, 27(52). Retrieved from https://pcient.uner.edu.ar/index.php/cdyt/article/view/125

Abstract

Creativity is a requirement of science. Scientific developments require permanent activation of creative processes associated with knowledge production. Contextual biographical study of creative processes developed by Argentine scientists who have made significant contributions in various areas of research is presented. Analyzes support the consideration of creativity as socio-cultural process that involves multiple interactions with other people and different cultural objects. The knowledge learned and built with other play a prominent role in science creative process. The study of the lives of creative scientists shows the complexity of creativity and offers interesting gaps for science teaching and research methodologies. It also provides insight into how creative ideas beyond the fields of knowledge and are critical to the development of science, technology and education.

PDF ()

References

ACEVEDO DÍAZ, J. (2004). El papel de las analogías en la creatividad de los científicos, en: Revista Eureka sobre Enseñanza y Divulgación de las Ciencias, 1(3): 1-10. Disponible en: http://www.redalyc.org/pdf/920/92001304.pdf [20 de febrero de 2015].

AMABILE, T. y PILLEMER, J. (2012). Perspectives on the Social Psychology of Creativity, en: Journal of Creative Behavior, 46(1): 3–15.

ANDERSON, T. (2011). Beyond eureka moments: supporting the invisible work of creativity and innovation, en : Information Research, 16(1):1-10.

BAHADIR, A. y SAK, U. (2014). Objective measure of scientific creativity: Psychometric validity of the Creative Scientific Ability Test, en: Thinking Skills and Creativity, 13: 195–205.

BEGHETTO, R. y KAUFMAN, J. (2014). Classroom contexts for creativity, High Ability Studies. Disponible en: www.ronaldbeghetto.com/s/ClassroomContextsBeghettoKaufman2014.pdf [10 de febrero de 2015].

BERNAOLA, O. (2002). Enrique Gaviola y la física en la Argentina de entreguerras, en: Saber y Tiempo, 4(14): 93-118.

BIANCO, M. Y SUTZ, J. (2005). Las formas colectivas de la investigación universitaria, en Revista Iberoamericana de Ciencia, Tecnología y Sociedad, 2 (6): 25-44.

CAPPOZZO, L. (2012). Cristhiane Dosne de Pasqualini, Colección Conociendo a nuestros científicos, La Punta: Universidad de La Punta. Disponible en: http://www.ulp.edu.ar/comunicacion/ebook/pasqualininov12/index.html [25 de febrero de 2015].

CASTRO, E. y OLMOS, J. (2014). Características de las interacciones con la sociedad de los investigadores de humanidades y ciencias sociales a partir de estudios empíricos, en: Revista Iberoamericana de Ciencia, Tecnología y Sociedad, 9 (27): 113-141.

CAZAUX, D. (2012). Eugenia Sacerdote de Luistig, La Punta: Universidad de La Punta. Disponible en: http://www.ulp.edu.ar/comunicacion/ebook/lustignov12/files/libro.pdf [21 de febrero de 2015].

CRAFT, A., HALL, E. y COSTELLO, R. (2014). Passion: Engine of creative teaching in an English university?, en: Thinking Skills and Creativity,13: 91–105.

CZEMERINSKI, H. y JACOVKIS, P. (2011). La llegada de la computación a la Universidad de Buenos Aires, en: Revista Iberoamericana de Ciencia, Tecnología y Sociedad, 6 (18): 65-87.

CSIKSZENTMIHALYI, M. (2014). The Systems Model of Creativity and Its Applications, pp. (543-545). En D, Simonton (ed.) The Wiley Handbook of Genius, Chichester: John Wiley y Sons.

DAMIAN, R. y SIMONTON, D. (2014). Diversifying Experiences in the Development of Genius and their Impact on Creative Cognition, (pp.375-394). En D. Simonton (ed.) The Wiley Handbook of Genius, Chichester: John Wiley y Sons.

DARBELLAY, F., MOODY, Z., SEDOOKA, A. y STEFFEN, G. (2014). Interdisciplinary Research Boosted by Serendipity, en: Creativity Research Journal, 26 (1): 1-10.

DOSNE DE PASCUALINI, C. (2007). Quise lo que hice. Buenos aires: Leviatán.

DUCO, A. (2013). Luis Augusto Huergo. La Punta: Universidad de La Punta.

ELISONDO, R. (2013). Potencialidades creativas en contextos cotidianos en D. Donolo y R. Elisondo (Eds.) Estudio de Creatividad. Las travesías de Alfonsina, de Astor, de Julios y de Marías. La Laguna: Sociedad Latina de Comunicación Social, pp. 47-390. Disponible en: http://www.revistalatinacs.org/067/cuadernos/10CBA.pdf [20 de febrero de 2015].

ELISONDO, R. y DONOLO D. (2014a). Interculturalidad, apertura a experiencias y creatividad. Aportes para una educación alternativa, en: Revista Red, 41:15-25. Disponible en: http://www.redalyc.org/pdf/547/54731315004.pdf [20 de febrero de 2015].

ELISONDO, R. y DONOLO, D. (2014b). Creatividad e Innovación ¿Cómo lo hacen en Investigación y Ciencia? La Laguna: Sociedad Latina de Comunicación Social. Disponible en: http://issuu.com/revistalatinadecomunicacion/docs/cac65 [20 de febrero de 2015].

ELISONDO, R., DONOLO, D. y RINAUDO, M. (2013). Houssay, Leloir y Milstein: procesos creativos en las ciencias, en: Fundamento de Humanidades, 26: 99-114.

ERAZO, M. (2011). Rigor científico en las prácticas de investigación cualitativa, en: Ciencia, docencia y tecnología, 42: 107-146.

ETCHEZAHAR, E. (2014). La construcción social del género desde la perspectiva de la Teoría de la Identidad Social, en Ciencia, Docencia y Tecnología, 25(49): 128-142.

FABRIS, F. (2009). Pichon-Rivière, irrupción y génesis de un pensamiento, en: Revista Intersubjetivo de Psicoterapia Psicoanalítica y Salud, 1(10): 11-28.

FEIST, G. (2012). Predicting interest in and attitudes toward science from personality and need for cognition, en: Personality and Individual Differences, 52(7): 771-775.

FELD, A. (2011). Las primeras reflexiones sobre la ciencia y la tecnología en la Argentina: 1968-1973, en: Redes, 17 (32): 185-221.

GARCIA, M. y MATKOVIC, L. (2012). El poder de la imaginación y de la creatividad para hacer ciencia, en: Revista Química Viva, 1 (11): 54-68.

GARDNER, H. (1993). Mentes creativas. Barcelona: Paidos.

GHASSIB, H. (2010). Where does creativity fit into a productivist industrial model of knowledge production?, en: Gifted and Talented International, 25(1): 13-20.

GLAVEANU, V. (2010). Paradigms in the study of creativity: Introducing the perspective of cultural psychology, en: New Ideas in Psychology, 28 (1): 79-93.

GLAVEANU, V. y TANGGAARD, L. (2014). Creativity, identity, and representation: Towards a socio-cultural theory of creative identity, en: New Ideas in Psychology, 34: 12–21.

GLAVEANU, V. (2014). The Psychology of Creativity: A Critical Reading, en: Creativity: Theories-Research-Applications, 1: 10-32.

GRUBER, H. y WALLACE, D. (1999). The case study method and evolving systems approach for understanding unique creative people at work (pp. 93-115). En R. Sternberg (ed.) Handbook of Creativity, New York: Cambridge University Press.

HOLM-HADULLA, R. (‎2013). The Dialectic of Creativity: A Synthesis of Neurobiological, Psychological, Cultural and Practical Aspects of the Creative Process, en: Creativity Research Journal, 25 (3): 293-299.

JACOVKIS, P. (2004). Reflexiones sobre historia de la computación en la Argentina, en: Saber y Tiempo, 5(5): 129-148.

KAUFMAN, S. (2013). Opening up Openness to Experience: A Four‐Factor Model and Relations to Creative Achievement in the Arts and Sciences, en: The Journal of Creative Behavior, 47(4): 233-255.

KAUFMAN, J y BEGHETTO, R. (2009). Beyond Big and Little: The Four C Model of Creativity, en: Review of General Psychology, 13 (1): 1–12.

KREIMER, P. (2011). La evaluación de la actividad científica: desde la indagación sociológica a la burocratización. Dilemas actuales, en: Propuesta educativa, 20(36): 59-77.

KOZBELT, A., BEGHETO, R. y M, RUNCO (2010). Theories of Creativity, (pp. 20-47). En Kaufman y Sternberg, The Cambridge Handbook of Creativity. Cambridge: Crambridge Press.

LOPEZ, M. (2013). Capacidades y condiciones institucionales de internacionalización en los grupos de investigación, en: Ciencia, docencia y tecnología, 46: 69-93.

LONG, H. (2014). An Empirical Review of Research Methodologies and Methods in Creativity Studies (2003–2012), en: Creativity Research Journal, 26 (4): 427-438.

LEUNG, A. y CHIU, C. (2010). Multicultural experiences, idea receptiveness, and creativity, en: Journal of Cross-Cultural Psychology, 41: 723–741.

MCCRAE, R. y GREENBERG, D. (2014). Openness to Experience (pp.222-243). En D. Simonton (ed.) The Wiley Handbook of Genius. Chichester: John Wiley y Sons.

MADDUX, W., ADAM, H. y GALINSKY, A. (2010). When in Rome…learn why the Romans do what they do: How multicultural learning experiences enhance creativity, en: Personality and Social Psychology Bulletin, 36: 731–741.

MENDOZA, D y M. DE ASUA (2002). La historia de la ciencia en la Argentina de entreguerras, en Saber y Tiempo, 4 (14): 137-161.

METZL, A. y M. MORRELL (2008). The Role of Creativity in Models of Resilience: Theoretical Exploration and Practical Applications, en: Journal of Creativity in Mental Health, 33 (3): 303-318.

MILLER, A. (1996). Metaphors in Creative Scientific Thought, en: Creativity Research Journal, 9 (2-3): 113-130.

MILLER, A. (2007). Einstein y Picasso. El espacio, el tiempo y los estragos de la belleza. Barcelona: Tusquest Editores.

MUMFORD, M., HESTER, K. y ROBLEDO, I. (2010). Scientific creativity: Idealism versus pragmatism, en: Gifted and Talented International, 25(1): 59-64.

PALADINI, A. (2007). Leloir. Una mente brillante. Buenos Aires: Eudeba.

PALMA, H. (2005). El desarrollo de las ciencias a través de las metáforas: un programa de investigación en estudios sobre la ciencia, en: Revista Iberoamericana de Ciencia, Tecnología y Sociedad, 2 (6): 45-65.

POLICASTRO, E. y GARDNER, H. (1999). From case studies to robust generalizations, (pp. 213-225). En R. Sternberg (ed.) Handbook of Creativity. Cambridge: Cambridge University Press.

RICHARDS, R. (2007). Everyday creativity and new views of human nature. Washington: American Psychological Association.

RITTER, S., RODICA, D, SIMONTON, D., VAN BAAREN, R., STRICK, M., DERKS, J. y DIJKSTERHUIS, A. (2012). Diversifying experiences enhance cognitive flexibility, en: Journal of Experimental Social Psychology, 48: 961–964.

RUNCO, M. (2010). Creativity: Theories and themes: Research, development, and practice. Londres: Elseviser Academic Press.

SÁBATO, J. (2004). Ensayos en campera. Buenos Aires: Universidad Nacional de Quilmes.

SBARBATI NUDELMAN, N. (2015). Educación en ciencias basada en la indagación, en: Revista Iberoamericana de Ciencia, Tecnología y Sociedad, 10 (28): 11-21.

SÁNCHEZ-RUIZ, M., ROMO, M. y JIMÉNEZ J. (2013). The Role of Metaphorical Thinking in the Creativity of Scientific Discourse, en: Creativity Research Journal, 25 (4): 361-368.

SCHMIDT, A. (2011). Creativity in Science: Tensions between Perception and Practice, en Creative Education, 2 (5): 435-445.

SILVIA, P., BEATY, R., NUSBAUM, E., EDDINGTON, K., LEVIN-ASPENSON, H. y KWAPIL, T. (2014). Everyday creativity in daily life: An experience-sampling study of little c creativity, en Psychology of Aesthetics, Creativity, and the Arts, 8 (2): 183-188.

SIMONTON, K. (2004). Creativity in Science. Cambridge: Cambridge University Press.

SPIVAK, A. y M. HUBERT (2012). Movilidad científica y reflexibilidad. De cómo los desplazamientos de los investigadores modelan modos de producir conocimientos, en: Redes, 18 (34): 85-111.

SPORTONO, A. (1995). Prólogo Osvaldo A. Reig, en: Revista Chilena de Historia Natural, 68: 161-169.

STAKE, R. (1998). Investigación con estudio de casos, Madrid, Ediciones Morata.

STERNBERG, R. (2010). Limits on science: A comment on where does creativity fit into a productivist industrial model of knowledge production?, en: Gifted and Talented International, 25(1): 21-22.

SULLOWAY, F. (2104). Openness to Scientific Innovation, (pp.546-563). En D. Simonton (ed.) The Wiley Handbook of Genius, Chichester: John Wiley y Sons.

TANGGAARD, L. (2012). The sociomateriality of creativity in everyday life, en: Culture y Psychology, 19 (1): 20-32.

VALLADARES, L. (2010). La educación científica intercultural y el enfoque de las capacidades, en: Revista Iberoamericana de Ciencia, Tecnología y Sociedad, 16 (6): 39-69.

VASILACHIS, I. (2009). Los fundamentos ontológicos y epistemológicos de la investigación cualitativa, en: Forum: Qualitative Social Research, 10 (2): 10-20.

VONÈCHE, J. (2003). The Changing Structure of Piaget’s Thinking: Invariance and Transformations, en: Creativity Research Journal, 15 (1): 3–9.

WEISBERG, R. (2010). The study of creativity: from genius to cognitive science, en International Journal of Cultural Policy, 16 (3): 235–253.

WEISBERG, R. (2014). Case Studies of Genius: Ordinary Thinking, Extraordinary Outcomes, (pp.139-165). En D. Simonton (ed.) The Wiley Handbook of Genius, Chichester: John Wiley y Sons.

WEISSMAN, M. (2013). Entrevista en la Académica Nacional de Ciencias Exactas, Físicas y Naturales. Disponible en: http://www.ancefn.org.ar/comunidad/videoteca02.html [20 de febrero de 2015].

ZITO LEMA, V. (1976). Conversaciones con Enrique Pichon Riviere. Sobre el arte y la locura. Buenos Aires: Timerman Editores.

YIN, R. (2013). Case study research: Design and methods. Londres: Sage publications.

The authors retain the copyright and grant the journal the right to be the first publication of the work, as well as licensing it under a Creative Commons Attribution License  that allows others to share the work with an acknowledgment of the authorship of the work and publication initial in this magazine. All content is published under the Creative Commons 4.0 international license: Attribution-Non-Commercial-Share Alike.

Downloads

Download data is not yet available.

Metrics

Metrics Loading ...
jaytoto bocorkan tips menang scatter yang bikin asisten dapur di makassar auto kaya pegawai laundry di pontianak beli iphone baru setelah main game bareng jaytoto barista di bandung main game pakai pola jaytoto dapat thr sebulan sebelum lebaran freelancer video editor bisa liburan ke bali berkat spin turbo jaytoto jaytoto ubah nasib guru honorer lewat trik bermain game yang tak banyak tahu pegawai honorer gunakan pola spin jaytoto dan dapat kejutan 3 digit jaytoto jadi penolong mahasiswi yang kehabisan biaya kuliah lewat scatter jitu pelayan kedai kopi menang game beruntun pakai spin turbo rahasia dari jaytoto anak kosan main game ala jaytoto dan bangga beli tv baru dari uang sendiri admin gudang di tangerang bisa cicil motor setelah ikut pola scatter jaytoto tukang ojek pangkalan menang besar setelah terapkan cara menang ala jaytoto satpam mal di manado main game pakai tips jaytoto dan beli hp baru besoknya pegawai retail di bogor menang besar lewat tips pola spin jaytoto yang disimpan 3 tahun mahasiswi kost di yogyakarta pakai spin turbo jaytoto dan langsung dapat rp88 juta mahasiswa semester akhir dapat rp132 juta gara gara spin turbo dari jaytoto jaytoto bongkar trik bermain game biar scatter nempel tiap 7 menit jaytoto bantu ibu dua anak di bekasi lunasi cicilan lewat scatter satu kali putaran freelance desain di bali bikin game jadi atm kedua berkat pola spin jaytoto jaytoto punya pola spin yang bikin mahasiswa di surabaya dapat uang jajan tak terbatas tukang ojek pangkalan menang besar setelah terapkan cara menang ala jaytoto trik bermain ape77 buat penjual nasi padang untung lebih dari omzet harian ibu toko kelontong di riau dapat tambahan belanja mingguan gara gara spin turbo ape77 beri pola spin efektif yang bikin penjual martabak ketagihan menang tukang sate keliling ubah nasib lewat scatter game yang dituntun oleh ape77 penjual es teh pinggir jalan di aceh dapat rp115 juta karena pola spin ape77 trik bermain ape77 buat penjual nasi padang untung lebih dari omzet harian pemilik laundry kecil di denpasar pakai pola scatter ape77 dan cuan terus ape77 bantu peternak kambing di banyumas dapat untung tambahan lewat pola spin ibu pemilik warung kopi menang game beruntun setelah ikuti tips ape77 ape77 beri trik spin yang bikin tukang tambal ban dapat 6 digit pertama kalinya petani sayur di wonosobo panen rezeki lewat scatter ala ape77 penata rias di bali beli kamera baru setelah coba pola scatter ape77 penjaga perpustakaan pakai spin turbo ape77 dan dapat scatter tiap hari cleaning service di jakarta dapat hadiah rp85 juta lewat pola spin ape77 pekerja event organizer di solo auto untung gara gara trik spin turbo ape77 anak smk coba game ala ape77dan dapat uang saku lebih dari rp1 juta ape77 ubah pola hidup montir bengkel di depok lewat scatter 2x berturut mahasiswa magang terapkan tips bermain dari ape77 dan dapat bonus mingguan ibu kantin sekolah menang game 3 hari berturut karena terapkan pola spin ape77 cahyadi pemuda asal kota surabaya mendapatkan x5000 di permainan gates of olympus daftar dengan akun-baru-di-scatter911-akana-mudah-mendapatkan-maxwin pola bermain mahjong ways 3 dengan pola racikan ngacir dari scatter911 scatter911 menghadirkan basis engine gates of olympus dengan perkalian tertinggi tips trik dari scatter911 agak mendapatkan perkalian serta kemenangan maximal di gates of olympus tukang cukur rambut memenangkan x1000 di sweet bonanza hanya dengan bermodalkan kecil trik bermain gacor di sweet bonanza super scatter untuk para pemula bermain di situs sweet bonanza 1000 terbaik scatter911 akun baru pasti wede jika bermain sweet bonanza di server thailand pasti akan mendapatkan perkalian x1000 hanya dengan isi sedikit saldo di akun anda sudah bisa wede selangit di scatter911 dandi sudah membuktikan keindahan putaran permainan slot hanya di scatter911 kevin seorang pemuda lulusan smk sudah bisa mendapatkan gaji setara dengan dpr di scatter911 seoarang ibu penjaga warung mendapatkan rejeki nomplok dengan satu klik di scatter911 gates of olympus 1000 memberikan kesempatan kepada setiap orang untuk menjadi dpr hanya di scatter911 mendapatkan scatter hitam di mahjong wins 3 sangat mudah daftar dengan akun baru di scatter911 pasti auto wede besar seorang ibu rumah tangga di solo mendapatkan perkalian max di starlight princess seoarng kakek bermain mahjong ways menang hingga 832 juta rupiah dibayar lunas oleh scatter911 scatter911 membagikan tips trik pola bermain gates of olympus di 2025 agar menang maksimal joko asal banten bermain di gates of olympus kena perkalian x1000 langsung mendapatkan jakpot